SEJARAH PERADABAN ISLAM ; SEBUAH KAJIAN PENGANTAR KULIAH


Terdapat banyak pendapat mengenai asal usul kata sejarah, salah satu pendapat mengatakan bahwa sejarah berasal dari kata syajaratun yang bermakna pohon. Pendapat ini mengilustrasikan pohon dengan memiliki akar, batang, dahan, ranting, daun serta buah. Ilustrasi demikian menghendaki pohon tumbuh dan berkembang dan memerlukan perawatan, saat perawatan tidak maksimal maka kemungkinan yang terjadi adalah daun akan gugur, buah tidak akan tumbuh dan resiko yang paling tinggi adalah kematian. Ilustrasi tersebut yang ditujukan kepada sejarah. Sejarah akan mampu terus eksis jika pemeliharaan sejarah dilakukan dengan baik oleh para sejarahwan. Sebaliknya jika sejarah dibiarkan begitu saja dan tidak ada upaya untuk melestarikannya maka nasib sejarah sama dengan pohon tersebut.

"Sejarah tidak akan pernah terulang dengan kejadian, pelaku dan waktu yang sama. Oleh karenanya ciptakan kebaikan di setiap detik yang kita lalui"

Terdapat dua istilah yang memiliki makna berhampiran, pertama peradaban dan kedua adalah kebudayaan. Budaya dimaknai sebagai hasil karya, cipta dan karsa manusia yang memiliki berbagai unsur seperti seni, bahasa, politik dan sebagainya. Manifestasi-manifestasi penting dari kemajuan unsur budaya tersebut itulah kemudian yang dikatakan dengan peradaban. Namun antara kebudayaan dan peradaban tidak dapat dipisahkan di antara keduanya karena memiliki hubungan yang sangat erat dan mendasar. Tidak ada yang lebih tinggi satu di antara keduanya, keduanya saling melengkapi dunia sejarah Islam. Ibnu Khaldun mendefinisikan sejarah adalah rangkaian peristiwa yang memiliki makna tertinggi yang dihasilkan oleh makhluk sosial yang terdapat dari berbagai suku bangsa dunia.


Mengenai titik nol atau dari mana bahasan pertama Sejarah Peradaban Islam, terdapat dua pendapat. Pendapat pertama mengatakan awal mulanya kajian tersebut ditandai dengan Nabi Muhammad Saw mendapatkan wahyu pertama kali dan pendapat kedua mengatakan dimulai saat Nabi Muhammad Saw hijrah dari kota Makkah ke kota Madinah. Kedua pendapat tersebut masing-masing memiliki argumen yang kuat namun intinya adalah titik nol Sejarah Peradaban Islam adalah ketika Nabi Muhammad Saw telah hadir di permukaan bumi. Oleh karenanya Badri Yatim dalam bukunya Sejarah Peradaban Islam memulai bahasan dari riwayat hidup Nabi Muhammad : Dakwah dan perjuangan, sebelum masa kerasulan, masa kerasulan, pembentukan negara Madinah dan sebagainya.


Alquran bukanlah kitab sejarah akan tetapi Alquran banyak menjelaskan tentang sejarah agar manusia dapat mengambil pelajaran dari itu dan itu akan dilakukan oleh orang-orang yang mampu berfikir.

Dalam pengantar kuliah Sejarah Peradaban Islam terdapat beberapa sub bahasan sejarah yang harus diperhatikan secara seksama, seperti peranan Nabi Muhammad Saw dalam mensyiarkan Islam, kontribusi Abu Bakar As-Siddiq, Umar bin Khattab, Ustman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib. Selanjutnya yang harus dikaji adalah khilafah Bani Umayyah dengan berbagai kebijakan dan tokoh-tokoh penting di dalamnya, khilafah Bani Abbas yang merangkumi tokoh-tokoh dan kemajuan-kemajuan serta kejadian-kejadian penting di dalamnya. Kemudian dinasti-dinasti kecil dalam dunia sejarah peradaban Islam, kemajuan ilmu pengetahuan hingga masa kejayaan dan kemunduran Islam dalam lingkar sejarah peradaban Islam.




Comments

  1. ~Sejarah peradaban islam~
    Sejarah sangat berperan aktif dalam kehidupan manusia yang pernah terjadi dimasa lampau,agar generasi manusia tidak kehilangan referensinya untuk hidup dimasa depan.
    Mengenai pengertian sejarah,saya mengambil salah satu pendapat dari beberapa ahli yaitu MOH ALI,dia bependapat tentang penjabaran pengertian sejarah.Moh ali mengatakan bahwa sejarah merupakan keseluruhan dari perubahan dan unsur-unsur kehidupan yang benar-benar terjadi.Nah, dengan maksud tujuan bahwa sejarah adalah ilmu perubahan-perubahan yang menyelidiki suatu kejadian ataupun peristiwa yang pernah terjadi dimasa lampau.

    Sejarah peradaban islam telah mencatat berbagai tapak dan pengaruhnya di berbagai bidang kehidupan. Mulai dari perkembangan ilmu pengetahuan, akidah, hukum, filsafat, seni, dan masih banyak lagi.

    Sepanjang itu pun lahir banyak ilmuwan muslim, seperti Ibnu Sina yang terkenal dalam dunia medis, Al – Khawarizmi di bidang ilmu matematika, atau Ibnu Khaldun di bidang ilmu ekonomi, historiografi, dan sosiologi.

    Banyak dari hasil temuan – temuan ilmuwan muslim yang menjadi referensi ilmuwan barat, maupun yang masih terus dikembangkan hingga saat ini. Seorang orientalis, Sedillot, berujar bahwa hakikatnya, ilmuwan – ilmuwan muslim ini adalah guru bagi bangsa Eropa.

    Nah ,sampai disini pasti timbul pertanyaan : Bagaimana cara kita mengetahui bahwa sejarah yang beredar itu benar sementara kita terpisah dengan waktu karena kebanyakan orang kurang beriman,lebih percaya fakta dibanding Al-Qur'an ?
    Untuk menjawab pertanyaan diatas saya mengambil pendapat dari seorang ulama yaitu ustadz Dr.Fenda Andirja. Lc , Ma.
    Dia mengatakan bahwa kalo kita cerita tentang sejarah.
    Sejarah bisa sampai pada kita pasti dengan sanad,hadis-hadis Nabi semuanya dengan sanad.
    Kalo ada sanadnya maka kita harus check shohih atau tidak.
    Kisah semua yang ada di Al-Qur'an kalo kita yakini dari Allah SWT,sudah pasti sah dan tidak dapat diragukan.
    Karena Al-Qur'an diriwaytkan oleh mutawatir para sahabat Nabi Muhammad SAW,Nabi meriwaytkan dari Malaikat Jibril,Malaikat Jibril Meriwaytkan dari Allah SWT.Kalo kita yakini itu firman Allah SWT,tidak perlu kita ragukan akan kebenarannya,pasti benar
    ู„ุง ุฑูŠุจ ููŠู‡ .
    Syahira.addini@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Dalam buku Dedi Supriyadi,M.ag.
    Sejarah peradaban Islam
    Pengantar:prof.dr.h.I.Nurul Aen, Ma.
    Sejarah,dalam bahasa Arab,tarikh atau history (Inggris), adalah cabang ilmu pengetahuan yang berkenaan dengan kronologi berbagai peristiwa.Defenisi serupa diungkapkan oleh Abd. Ar-Rahman As-sakhawi bahwa sejarah adalah seni yang berkaitan dengan serangkaian anekdot yang berbentuk kronologi peristiwa.
    Dikalangan sejarawan terdapat perbedaan tentang saat dimulainya sejarah Islam. Secara umum, perbedaan pendapat tersebut dapat dibedakan menjadi dua. Pertama,sebagian sejarawan berpendapat bahwa sejarah Islam dimulai sejak Nabi Muhammad SAW. diangkat menjadi rasul. Oleh karena itu, menurut pendapat ini,selama 13 tahun Nabi Muhammad Saw. Tinggal di Mekah telah lahir masyarakat muslim meskipun belum berdaulat.
    Kedua. Sebagian sejarawan berpendapat bahwa sejarah umat Islam dimulai sejak Nabi Muhammad Saw. Hijrah ke Madinah karena masyarakat muslim baru berdulat ketika Nabi Muhammad Saw tinggal di Madinah Muhammad Saw , tidak hanya sebagai Rasul, tetapi juga merangkap sebagai pemimpin atau kepala negara berdasarkan konstitusi yang disebut piagam Madinah.
    By:
    (MHD.AD-ADURRUN NAFIS)

    ReplyDelete
  3. Sejarah peradaban islam Kalau kita telaah secara sistematis memang sejarah hampir sama dengan pohon yakni mempunyai cabang dan ranting, bermula dari sebuah bibit, kemudian tumbuh dan berkembang, lalu layu dan tumbang. Seirama dengan kata sejarah adalah kata silisilah, kisah, hikayat yang berasal dari bahasa Arab.

    Dalam dunia barat sejarah disebut Histoire (Prancis), Historie (Belanda), dan History (Inggris). Dalam bahasa Yunani berasal dari dua kata yaitu istoria yang berarti ilmu. Menurut Aristoteles Istoria diartikan sebagai kajian sistematik mengenai seperangkat gejala alam, yang dituturkan secara kronologis maupun tidak kronologis.

    Dari beberapa kalangan sejarawan saya mengambil salah satu sejarawan yaitu Menurut Ma'ruf Misbah, Ja'far Sanusi, Abdullah Qusyairi, dan Syaid Sya'roni dalam bukunya Sejarah Peradaban Islam, setidaknya ada dua sebab dan proses pertumbuhan peradaban Islam, baik dari dalam maupun luar Islam. Dari dalam Islam, perkembangan kebudayaan dan peradaban Islam itu karena bersumber langsung dari Alquran dan sunnah yang mempunyai kekuatan luar biasa. Sedangkan, dari luar Islam, peradaban Islam itu berkembang disebabkan proses penyebaran Islam yang dilandasi dengan semangat persatuan, perkembangan institusi negara, perkembangan ilmu pengetahuan, dan perluasan daerah Islam.
    terus berkembang dari peradaban kebudayaan, bangunan, bahasa, adat istiadat, hingga pada ilmu pengetahuan. Ma'ruf menambahkan, berkembangnya peradaban Islam itu disebabkan Islam meletakkan dasar-dasar kepercayaan murni.

    ''Keyakinan manusia hanyalah pada Tuhan, bukan pada benda, hawa nafsu, atau kemegahan. Semua kerja kemanusiaan hanyalah untuk Allah. Tidak ada yang perlu dipertuan dan dipertuhankan, kecuali Allah,'' tulisnya.
    Jadi menurut saya perkataan yang di ungkapkan dalam ahli sejarawan dari Ma'ruf Misbah, Ja'far Sanusi, Abdullah Qusyairi, dan Syaid Sya'roni yang mengemukakan bahwa ada dua sebab dan proses pertumbuhan peradaban Islam, baik dari dalam maupun luar Islam. Dari dalam Islam, perkembangan kebudayaan dan peradaban Islam itu karena bersumber langsung dari Alquran dan sunnah yang mempunyai kekuatan luar biasa. Sedangkan, dari luar Islam, peradaban Islam itu berkembang disebabkan proses penyebaran Islam yang dilandasi dengan semangat persatuan, perkembangan institusi negara, perkembangan ilmu pengetahuan, dan perluasan daerah Islam.
    terus berkembang dari peradaban kebudayaan, bangunan, bahasa, adat istiadat, hingga pada ilmu pengetahuan.

    (rukmanareza80@gmail.com)

    ReplyDelete
  4. Pada zaman modern ini, banyak sekali dari golongan terpelajar yang tidak mengetahui bagaimana sejarah Islam sejak zaman Nabi Muhammad SAW hingga Islam sampai pada keluarga kita. Mereka hanya mengetahui sekilas pada saat pembelajaran yang diberikan guru dalam kelas, mereka tidak memahami apa yang ada ada dalam Sejarah Kebudayaan Islam. padahal terdapat banyak kandungan ilmu dan manfaat dalam Sejarah Kebudayaan Islam, bagi yang memahaminya.

    Mengapa sejarah peradaban Islam merupakan salah satu pelajaran yang tidak disukai oleh sebagian besar pelajar di Indonesia?
    Selelah saya survei ke beberapa siswa di lingkungan saya, beberapa dari mereka mengatakan..
    "Untuk apa sih belajar sejarah peradaban Islam..bukankah kita cukup mengimani islam dalam diri kita tanpa harus tau sejarahnya, dan pejalaran itu juga kuno"
    Mengapa mereka tidak menyukainya, karena menurut saya hal utama yang menjadi penyebab ketidaksukaan pelajar terhadap sejarah peradaban Islam adalah cara pembelajaran yang lebih menekankan terhadap hafalan dibandingkan dengan pemahaman terhadap makna peristiwa. Hal ini tercermin dari pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam ujian-ujian yang lebih menekankan pada nama orang yang terlibat dalam sebuah peristiwa dan tahun kejadian dibandingkan dengan makna dan arti dari peristiwa itu sendiri.

    Ketidaksukaan pelajar untuk mempelajarai bidang ilmu ini berdampak pada kurangnya pengetahuan umat muslim di Indonesia tentang tokoh-tokoh penemu dalam Islam seperti Ibnu Sina dan Ibnu Rusd yang telah memberikan peninggalan yang luar biasa dalam bidang ilmu pengetahuan. Umat saat ini lebih mengenal tokoh-tokoh ilmuwan dari barat seperti Isaac Newton atau Albert Einstein yang memang mereka kenal dari kehidupan sehari-hari atau dari pelajaran Ilmu Pengetahuan, bukan dari hasil pembelajaran sejarah yang dilakukan.

    Padahal dengan mempelajari sejarah peradaban Islam Sejarah Kebudayaan Islam kita dapat memeberikan informasi kepada kita bagaimana proses perjuangan san lika-liku yang dialami beliau-beliau untuk menyebarkan agama islam. Semua itu tidak lepas dari peran para Ulama, Kyai, ilmuan dan beliau-beliau yang berjasa dalam penyebaran agama islam. Mereka dengan semangat dakwah yang tinggi dan hanya mengharap ridho Allah SWT. Mereka menyerukan agama islam sesuai dengan yang telah diajarkan Allah SWT. Dan Nabi Muhammad SAW. Dalam Al-Quran dan As-Sunah.

    Selain iu, Sejarah kebudayaan merupakan ilmu yang memperlajari morfologi kebudayaan masa lampau, itu adalah suatu hal yang selalu dipelajari oleh semua orang. Karena sejarah membuka semua wawasan tentang masa lalu baik dari aspek ekonomi, sosial, budaya, politik dan lainnya. Apalagi kebudayaan Islam yang mana dulu sudah berkembang peradaban yang maju saat Islam Berjaya yaitu masa Abbasiyah dimana para intelektual lahir dimasanya. Sejarah kebudayaan ini sangat penting bagi para mahasiswa, karena merekalah calon intelektual penerus bangsa di masa akan datang.

    Untuk itu, pertanyaan yang terlintas di benak saya, "bagaimana menumbuhkan minat masyarakat terkhusus nya pelajaran dan mahasiswa untuk menyukai tentang ilmu peradaban islam ini? " Untuk itu saya sebagai seorang terpelajar ingin meningkatkan apresiasi mereka,mengajar dan mengajak kepada orang-orang yang belum mengetahui tentang peradaban islam dari ilmu yang saya dapatkan di bangku kuliah agar dapat mengambil hikmah dan mengamalkannya bersama-sama

    (M.Agung Hanafi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Excellent๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  5. sejarah peradaban islam telah mencatat berbagai bentuk dan pengaruhnya diberbagai bidang kehidupan. mulai dari perkembangan ilmu pengetahuan, akidah, hukum, filsafat, seni, dan masih banyak yang lain nya.
    sepanjang itupun lahir banyak ilmuan muslim, seperti ibnu sina yang terkenal dalam dunia medis, Al-Kharizmi dibidang ilmu matematika, historiograpi, dan sosiologi.
    banyak dari asil temuan" ilmuan muslim Yang menjadi refrensi ilmuan barat, maupun yang masih terus dikembangkan hingga saat ini. seorang orientalis, sedillot, berujar bahwa hakikatnya, ilmuan" muslim ini adalah guru bagi bangsa eropa.
    islam masuk keindonesia dengan berbagai cara, diantaranya adalah melalui kegiatan perdagangan, pendidikan, tasawuf, perkawinan, dan kesenian. sejarah peradaban islam diindonesia mencatat bahwa, ada 3 teori mengenai bagaimana islam masuk keindonesia
    1.Teori Gujarat
    Snouck Hurgronye, menjadi salah satu pendukung teori ini. ia berpendapat, penyebaran islam diindonesia dilakukan oleh para pedagang muslim dari gujarat (india) bukan bangsa arab. pada abad 17, barulah hubungan bangsa arab dan indonesia berlangsung, yaitu pada masa kerajaan demak, samudra pasai, mataram baru, dan banten.
    2.Teori Persia
    pedagang dari persia (iran) bercorak syi'ah masuk keindonesia sekitar abad ke-13, Namun sumber lain mengatakan sekitar abad ke-7 masehi.
    3.Teori Arab
    Sekitar Abad Ke-7 Masehi, sudah banyak pekojan diindonesia. selat malaka pun telah menjadi penghubung jalur pelayaran maupun perdagangan internasional yang ramai, dengan bani umayyah, Dinasti Tang Dari Cina, Dan Sriwijaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐ŸงขExcellent

      Delete
    2. Maaf pak,, ini bukan punya saya... Saya salah ketik tadi

      Delete
  6. “Kami tertarik ke Barus, karena pemerintah telah menetapkan Barus sebagai titik nol peradaban Islam. Kami akan mengambil data lapangan yang nantinya disinergikan dengan data pendukung lainnya,” ujar dia.berdasarkan penelusuran dan sejarah dari tulisan di batu nisan makam, terdapat batu nisan Tuan Syekh Rukunuddin yang tertulis wafat pada malam 13 Syafar, Tahun 48 Hijriah, abad ke 7 Masehi, dalam usia 102 Tahun, 2 Bulan, 10 Hari.
    Juru makam Mahligai, Fahruddin menuturkan, berdasarkan penelusuran dan sejarah dari tulisan di batu nisan makam, terdapat batu nisan Tuan Syekh Rukunuddin yang tertulis wafat pada malam 13 Syafar, Tahun 48 Hijriah, abad ke 7 Masehi, dalam usia 102 Tahun, 2 Bulan, 10 Hari.
    Imam mengatakan, tim ini melibatkan ahli di segala bidang. Mulai dari sektor sejarah, arkeologi, dan sosiologis. Harapannya, ke depan tidak ada lagi tafsir yang berbeda. Bahkan tim ini juga akan mengeksplor potensi wisata religi yang berhubungan dan akan menyimpulkan hasil kajian terutama di tubuh Muhammadiyah.
    “Seluruh hal ini pastinya akan menjadi acuan tentang peradaban Islam di Barus. Jika semua data otentik dan menyatakan peradaban Barus yang tertua dari Kerajaan Samudera Pasai, tentu kami akan merunut,” tukas Imam.

    ReplyDelete
  7. Berdasarkan buku yg saya baca "sejarah peradaban islam dari masa klasik hingga modern karangan H.
    Sori Monang, An-Nadwi, M. Th. " Penulisan sejarah sebagai penjabaran lanjutan atas makna secara subjektif dapat kita bagi menjadi dua macam;sejarah naratif dan sejarah ilmiah. Sejarah naratif adalah susunan lengkap atas fakta fakta dengan ulasan dan penjelasan seadanya dan proses terjadinya secara genesis(dari awal sampai akhir) dijelaskan /dipaparkan secara deskriptif tanpa menggunakan teori dan metodologi. Lain hal nya dengan sejarah ilmiah yang semaksimal mungkin mengkaji suatu peristiwa masa lampau itu dengan menerangkan sebab sebabnya, jadi pada konsep ini dikaji kondisi lingkungan peristiwa dan konteks sosial budaya.
    Kegunaan sejarah juga meliputi antara lain:Pertama, untuk melestarikan identitas kelompok dan memperkuat daya tahan suatu kelompok bagi kelangsungan hidupnya. Kedua, sejarah berguna sebagai pelajaran dan tauladan dari contoh contoh di masa lalu/lampau, sehingga memberikan azas manfaat secara lebih khusus demi kelangsungan hidup. Ketiga, juga berfungsi sebagai sarana pemahaman mengenai hidup dan mati.

    ReplyDelete
  8. Istilah kata sejarah berarti "keterangan yg telah terjadi dikalanganya pada masa yg telah lampau atau pada masa yg masih ada". Sedangkan pengertian selanjutnya memberikan makna sejarah sebagai catatan yg berhubungan dengan kejadian-kejadian masa silam yg diabadikan dalam laporan-laporan, baik itu berupa tulisan atau omongan secara lisan. Oleh kerna itu disini saya mengambil pendapat yg pertama mengenai makna kata sejarah
    1). Menurut Sayid Quthub. "Sejarah bukan lah peristiwa-pristiwa, melaikan tafsiran dari peristiwa itu, dan pengertian mengenai hubungan-hubungan nyata dan tidak nyata, yg menjalin seluruh bagian serta memberinya dinamisme waktu dan tempat"
    Pendapat kedua
    2). Ibnu khaldun dalam kita nya yg berjudul Al-muqoddimah, beliau mendefenisikan sebagai berikut. "Kata sejarah sebagai catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia, atau perubahan-perubahan yg terjadi pada masyarakat itu. Seperti kelahiran, keramah-tamahan, tentang revolusi dan pemberontakan rakyat melawan golongan lain, serta berbagai macam kegiatan dan kedudukan seseorang pada masa itu. "
    Pendapat ketiga
    3). Nouruzzaman siddiqie mendefenisikan sejarah, "peristiwa masa lampau yg tidak hanya sekedar memberi informasi tentang terjadinya peristiwa itu, tetapi juga memberikan interprestasi atas peristiwa yg terjadi dengan melihat hukum sebab akibat.

    Kesimpulan makna kata sejarah yg dapat saya rangkumkan dari beberapa pendapat diatas ialah. "Pada umumnya, sejarah menceritakan tentang segala macam perubahan pada suatu masa yg terjadi pada manusia kerna tindak tanduk hal dan kegiatan manusia itu sendiri

    Peradaban dan kebudayaan hampir memilik makna yg sama, keduanya tak dapat dipisahkan. Menurut arnold toynbee "peradaban adalah suatu kebudayaan yg telah mencapai taraf perkembangan teknologi yg lebih tinggi, ia juga mengatakan bahwa peradaban merupakan kumpulan semua hasil budi daya manusia, yg meliputi semua aspek kehidupan manusia.
    Menurut Albion Small "peradaban adalah kemampuan manusia dalam mengendalikan dorongan dasar-dasar kemanusiaanya untuk bisa meningkatkan kualitas hidupnya. Sementara itu kebudayaan mengacu kepada kebiasaan manusia yg terus menerus dilakukan. Menurutnya, peradaban memiliki hubungan dengan adanya perbaikan yg sipat nya kualitatif dan juga menyangkut batin manusia. Sedangkan kebudayaan mengacu kepada suatu yg bersifat material, faktual, dan konkret.

    Peradaban islam dimulai sejak turunya wahyu pertama pada tahun 610 yg diturunkan kepada rasul muhammad SAW. Di gua hira.
    Jazira arab sebelum kedatangan islam merupakan kawasan yg sangat mundur. Kebanyakan orang arab merupakan penyembah berhala dan yg lain merupakan pengikut agama kristen dan yahudi. Dengan lahirnya muhammad SAW. Inilah awal kebankita jazira arab. Dari zaman penuh kegelapan ke zaman yg terang benderang.

    Muhammad Arif
    Email: a.muhammmad2001@gmail.com

    ReplyDelete
  9. Menurut Ibnu Khaldun, Sejarah adalah catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia, tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak-watak masyarakat itu, seperti keliaran, keramah tamahan dan solidaritet golongan, tentang revolusi-revolusi dan pemberontakan-pemberontakan oleh segolongan rakyat melawan golongan yang lain dengan akibat timbulnya kerajaan-kerajaan dan negara-negara, dengan tingkat bermacam-macam, tentang bermacam-macam kegiatan dan kedudukan orang, baik untuk mencapai penghidupannya, maupun dalam bermacam-macam cabang ilmu pengetahuan dan pertukangan.


    Dalam bahasa indonesia, kata peradaban seringkali dipahami sama artinya dengan kebudayaan. Akan tetapi dalam Bahasa Inggris terdapat perbedaan pengertian antara kedua istilah tersebut, yakni istilah civilization untuk peradaban dan culture untuk kebudayaan. Demikian pula dalam Bahasa Arab, berbeda pula antara kata tsaqafah (kebudayaan), dan hadlarahtamaddun (peradaban), bahkan dalam bahasa Melayu istilah tamaddun dimaksudkan (kemajuan), dan kata untuk menyebut keduanya. Hal seperti ini tidaklah menunjukkan perbedaan dari segi makna, Seperti yang dikatakan oleh Yusuf Qardhawi bahwa peradaban adalah “sekumpulan dari bentuk-bentuk kemajuan, baik yang berupa kemajuan bendawi, ilmu pengetahuan, seni, sastra, maupun sosial, yang terdapat pada suatu masyarakat atau pada masyarakat yang serupa”.

    Islam merupakan sistem keyakinan dan kepercayaan serta aturan yang mengatur manusia dengan tuhannya dan manusia dengan manusia serta manusia dengan lingkungannya.

    Dari beberapa pengertian dapat disimpulkan sejarah peradaban islam merupakan kemajuan dan tingkat kecerdasan akal yang dihasilkan oleh umat islam berperan melindungi pandangan hidup islam pada hubungan dengan ibadah dalam periode kekuasaan islam dimulai perkembangan islam sekarang.


    Ada pun manfaat dari Sejarah peradaban Islam, yaitu:
    1. kegunaan Edukatif
    Kegunaan sejarah yang pertama adalah sebagai edukatif atau pelajaran.

    2. Kegunaan Inspiratif
    Kegunaan sejarah yang kedua adalah sebagai inspiratif. Berbagai kisah sejarah dapat memberikan inspirasi pada pembaca dan pendengarnya.

    3. Kegunaan Rekreatif
    Kegunaan sejarah yang ketiga adalah sebagai kegunaan rekreatif. Kegunaan sejarah sebagai kisah dapat memberi suatu hiburan yang segar, melalui penulisan kisah sejarah yang menarik pembaca dapat terhibur.

    (Nurwinda Herman)
    email : nurwindaherman@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Excellent๐Ÿ‘จ‍๐ŸŽ“๐Ÿ‘จ‍๐ŸŽ“๐Ÿ‘จ‍๐ŸŽ“

      Delete
  10. Sejarah peradaban islam Peradaban Islam sendiri adalah merupakan terjemahan
    dari kata Arab Al-Hadharah al-Islamiyah. Kata Arab ini sering
    diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan ke-
    budayaan Islam. Kebudayaan dalam bahasa Arab adalah al-
    tsaqafah. Di Indonesia juga di Arab dan di Barat, istilah
    kebudayaan disinonimkan dengan peradaban. Dalaim ilmu
    Antropologi kedua istilah itu dapat dibedakan, kebudayaan
    adalah bentuk ungkapan tentang semangat mendalam suatu
    masyarakat. Sedangkan manifestasi-manifestasi kemajuan
    mekanis dan teknologis lebih berkaitan dengan peradaban.
    Kalau kebudayaan lebih banyak direfleksikan kepada seni,
    sastra, religi dan moral, maka peradaban lebih terefleksi
    dalam politik, ekonomi dan teknologi. (Effat al-Sharqawi,
    1986:5)
    Menurut Koentjaraningrat, kebudayaan paling tidak
    mempunyai tiga wujud (1) wujud ideal, yaitu wujud
    kebudayaan sebagai suatu kompleks ide-ide, gagasan, nilai-
    nilai, norma-norma, peraturan dan sebagainya. (2) wujud
    kelakuan, yaitu wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks
    aktifitas kelakuan berpola dari manusia dalam masyarakat,
    dan (3) wujud benda, yaitu wujud kebudayaan sebagai benda-
    benda hasil karya (Koentjaraningrat, 1985:5). Sedangkan
    istilah peradaban biasanya dipakai untuk bagian-bagian dan
    unsur-unsur dari kebudayaan yang halus dan indah.
    Menurutnya peradaban sering juga dipakai untuk menyebut
    suatu kebudayaan yang mempunyai sistem teknologi, seni
    bangunan, seni rupa, sistem kenegaraan dan ilmu penge-
    tahuan yang maju dan kompleks. Jadi kebudayaan menurut
    definisi pertama adalah wujud ideal dalam definisi
    Koentjaraningrat, sementara menurut definisi terakhir,
    kebudayaan mencakup peradaban, tetapi tidak sebaliknya

    (Pratamaagi766@gmail.com)

    ReplyDelete
  11. •Sejarah Peradaban Islam
    Mempelajari peradaban islam, yakni sejarah memiliki nilai dan arti penting yang bermanfaat bagi kehidupan umat manusia. Selain itu dengan mempelajari sejarah peradaban Islam, kita juga diharapkan dapat memiliki keinginan untuk melakukan pembangunan dan pengembangan peradaban Islam.
    Peradaban lebih bersifat konsep metodis. Sedangkan budaya lebih bersifat perilaku dalam rujukannya. Peradaban mengacu pada pengetahuan praktis dan intelektual serta sekumpulan cara yang lebih bersifat teknis, digunakan untuk mengendalikan. Sedangkan kebudayaan terdiri atas serangkaian nilai, prinsip normatif dan ide yang bersifat unik.
    Ciri-ciri peradaban yakni dengan didasari oleh spirit sumber ajaran Islam, yaitu al-Qur’an dan al-Hadits. Sedangkan ciri kebudayaan yakni lebih bersifat perwujudan nilai-nilai tertentu.
    -Pengertian sejarah peradaban islam menurut beberapa ahli :
    1.Menurut Sidi Gazalba. Sejarah adalah gambaran masa lalu tentang manusia dan sekitarnya sebagai mahluk sosial yang di susun secara ilmiah dan lengkap,yang meliputi urutan fakta masa tersebut dengan tafsiran dan penjelasan yang memberi pengertian dan pemahaman tentang apa yang telah berlalu.
    2.Menurut koenjaraningrat. Sejarahkebudayaan islam mempunyai tiga wujud, diantaranya :
    a. Wujud ideal, yaitu wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan-peraturan dan lain-lain.
    b. Wujud kelakuan, yaitu wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas kelakuan berpola dari manusia dalamsuatu masyarakat.
    c. Wujud benda, yaitu wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya. Sedangkan istilah peradaban biasanya dipakai untuk bagian-bagian dan unsur-unsur dari kebudayaan yang halus dan indah.

    Menurut saya, mempelajari sejarah peradaban Islam, kita juga diharapkan dapat memiliki keinginan untuk melakukan pembangunan dan pengembangan peradaban Islam serta dapat pula menyelesaikan problem peradaban Islam pada masa kini dan dapat memunculkan sikap positif terhadap berbagai perubahan sistem peradaban Islam yang akan mendatang.
    °Ada pun saran untuk pembaca dari saya yaitu, lebih dapat memanfaatkan pengetahuan yang terdapat dalam sejarah peradaban islam untuk mengembangkan dan menumbuhkan kemampuan dalam pembangunan maupun pertumbuhan sejarah peradaban islam yang akan mendatang.

    ReplyDelete
  12. Secara umum sejarah adalah masa lalu, menurut bahasa Arab pohon yang bercabang-cabang,
    Sedangkan menurut para ahli sebagai berikut:
    - menurut TAUFIK HIDAYAT sejarah adalah tindakan manusia jangka waktu tertentu di masa lalu dalam tempat tertentu
    -menurut Drs.SIDI GAZALBA sejarah adalah masa lalu yg di susun dengan ilmiah dan kelengkapan fakta pada masa lalu.
    - menurut Moh. ALI sejarah adalah perubahan yang terjadi di masa lalu
    Jadi dari tiga pendapat ini saya simpulkan sejarah adalah perbuatan manusia yang terjadi di masa lalu dalam suatu tempat dari segi ilmiah dan fakta sejarah itu serta perkembangan budaya yang berkembang hingga saat ini
    Kemmudian sejarah titik nol perdaban agama Islam
    Menurut Wikipedia sejarah titik nol agama islam sejak turun nya Wahyu pertama pada tahun 610,
    Dan ada juga berpendapat sejak nabi Muhammad hizrah, jadi kesimpulannya yang dapat saya ambil mengenai titik nol sejarah peradaban Islam yaitu sejak zaman kerasulan nabi Muhammad Saw.

    ReplyDelete
  13. Saya setuju dengan pendapat roeslan abdulgani dia mengibaratkan sejarah itu bagaikan penglihatan 3 dimensi pertama penglihatan di masa lalu. Kedua penglihatan masa sekarang dan ketiga penglihatan masa depan. Sama halnya dalam fungsi sejarah dalam kehidupan dimana sejarah sangat berperan penting sebagai metode pembelajaraan utk kedepannya karena dengam menelitiasa lalu kita dapat memprogres kesalahan kesalahan masa lalu sehingga dapat mempersiapkan diri utk masa sekarang dan masa depan

    Dalam sejarah peradaban islam ada yg bilang islam itu baru muncul saat nabi diangkat jadi rosul dan ada lagi bilang saat nabi hijrah ke madinah menurut saya sendiri saya akan memberikan pertanyaan lg islam bagaimanakah yg dipertanyakan tersebut islam yg instansi kah(grup/agama/kelompoklah) atau kah islam yg substansi (makna/nilai) soalnya jika yg ditanyakan islam yg substansi maka saya akan menjawab bahwa islam sudah ada sejak bumi ini diciptakan cthnya nilai dalam islam adalah tunduk dan patuh seperti matahari. Kan matahari selalu terbit dari timur ke barat pernah kah matahari terbit sebaliknya? Ini menunjukkan bahwa nilai islam itu sudah ada sejak matahari diciptakan yaitu nilai tunduk dan patuh dan masih bnyk nilai nilai yg blom kita ketahui

    Yg kedua jika yg ditanya adalah islam yg instansinya memang betul islam itu muncul saat nabi menjadi rosul tapi akan muncul berbagai polemik permasalahan lain seperti pertanyaan seperti ini
    1.jika islam muncul saat nabi muhammad jadi nabi apakah org sebelum nabi muhammad itu kafir (karna islam blom muncul)
    2. Lalu apakah nabi muhammad merupakan anak haram dan seorang anak yg kafir ? (Karena islam belum masuk saat org tua nabi muhammad melahirkannya)
    Dan masih banyak masalah masalah lainnya sehingga saya lebih menyukai sejarah islam yg substansinya.

    Bobby akbar fathari

    ReplyDelete
  14. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa sejarah dalam bahasa Arab yaitu syajaratun yang bermakna pohon yang menggambarkan sejarah itu sebagai pohon yang jika dirawat akan berkembang begitu pula dengan sejarah.
    Mengenai pengertian sejarah saya mengambil beberapa pendapat para ahli,yaitu:
    1.Ibnu Khaldun,berpendapat sejarah ialah peristiwa-perstiwa istimewa atau penting pada waktu atau ras tertentu.Sejarah terbagi menjadi 3 bagian,masa lampau,masa kini atau sedang berlangsung dan masa yang akan datang.
    2.Drs.Sidi Gazalba, sejarah merupakan masa lalu manusia yang disusun dengan ilmiah dan lengkap terdiri dari fakta masa itu dengan pengertian dan penjelasan mengenai apa yang berlaku.
    Al-Qur'an adalah kitab suci yang didalamnya banyak mengandung sejarah Islam seperti kisah Nabi Muhammad SAW dalam mensyiarkan Islam dan perkembangan agama Islam.Dan peeisperi yang terjadi didalam Al-Qur'an kita jadikan sebagai pelajaran atau menguatkan keimanan kita kepada Allah dan agama Islam .
    Mengenai dari mana awal mula sejarah peradaban Islam,menurut saya awal mula sejarah peradan Islam itu ketika Nabi Muhammad SAW menerima Wahyu untuk menjadi seorang Rosul.
    Aminah Rambe

    ReplyDelete
  15. Sejarah dalam bahasa Arab yaitu syajaratun yang berarti pohon yang mana jika pohon itu dilestarikan maka akan berkembang begitu pula dengan sejarah yang mana apabila sejarah itu selalu kita jaga pasti akan selalu berkembang.
    Pengertian sejarah menurut beberapa ahli yaitu:
    H.A.R.Gibb bahwa sejarah peradaban Islam sesungguhnya lebih dari sekedar agama,ia adalah peradaban yang sempurna.Karena jadi pokok kekuatan dan sebab timbulnya kebudayaan agama Islam, kebudayaan yang ditimbulkannya dinamakan kebudayaan atau peradaban Islam.
    Jadi,sejara peradaban Islam adalah kebudayaan Islam terutama pada wujud ideal nya.Sementara itu,landasan kebudayaan Islam adalah agama Islam.Sehingga,dalam Islam tidak seperti pada masyarakat yang menganut agama-agama bumi.Agama bukan lah kebudayaan tetapi dapat melahirkan kebudayaan.Jika kebudayaan merupakan hasil cipta,rasa rasa dan karya manusia.Maka agama Islam adalah Wahyu dari Allah SWT.
    Mengenai awal mula sejarah peradaban Islam,pendapt p saya ketika Nabi Muhammad SAW menerima Wahyu menjadi Rosul.
    (Roza Khairunnisa)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good Job ๐Ÿ‘จ‍๐Ÿซ๐Ÿ‘จ‍๐Ÿซ๐Ÿ‘จ‍๐Ÿซ

      Delete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Sejarah berasal dari bahasa Arab dari kata “Syajarotun” artinya pohon. Kalau kita telaah secara sistematis memang sejarah hampir sama dengan pohon yakni mempunyai cabang dan ranting, bermula dari sebuah bibit, kemudian tumbuh dan berkembang, lalu layu dan tumbang. Seirama dengan kata sejarah adalah kata silisilah, kisah, hikayat yang berasal dari bahasa Arab.

    Dalam dunia barat sejarah disebut Histoire (Prancis), Historie (Belanda), dan History (Inggris). Dalam bahasa Yunani berasal dari dua kata yaitu istoria yang berarti ilmu. Menurut Aristoteles Istoria diartikan sebagai kajian sistematik mengenai seperangkat gejala alam, yang dituturkan secara kronologis maupun tidak kronologis. Penegrtian ini masih digunakan dalam bahasa Inggris yang disebut Natural History. Kata istoria biasanya diperuntukkan bagi kajian mengenai gejala-gejala hal ihwal manusia alam urutan kronologis.
    1.Menurut Ibnu Khaldun.
    Sejarah adalah catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia, tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak-watak masyarakat itu, seperti keliaran, keramahtamahan dan solidaritet golongan, tentang revolusi-revolusi dan pemberontakan-pemberontakan oleh segolongan rakyat melawan golongan yang lain dengan akibat timbulnya kerajaan-kerajaan dan negara-negara, dengan tingkat bermacam-macam, tentang bermacam-macam kegiatan dan kedudukan orang, baik untuk mencapai penghidupannya, maupun dalam bermacam-macam cabang ilmu pengetahuan dan pertukangan, dan pada umumnya tentang segala perubahan yang terjadi ke dalam masyarakat karena watak masyarakat itu sendiri.
    Persoalan sejarah sebagai peristiwa dan sejarah sebagai kisah
    Sejarah sebagai peristiwa adalah peristiwa yang benar-benar terjadi, seperti turunnya wahyu kepada Nabi Muhammad SAW., hijrah nabi, proklamasi kemerdekaan RI, dll.

    Sejarah sebagai kisah adalah hasil rekonstruksi para sejarawan, biasanya diterbitkan dalam sebuah buku. Penulis buku sejarah tersebut biasanya berbeda-beda penafsiran meskipun dalam bahasan masalah yang sama.
    INDAH LESTARI

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Islam merupakan sebuah agama yang berkembang dari abad ke abad. Islam selalu melakukan perubahan baik dari segi kebudayaan atau peradaban. Pada masa sekarang Islam telah masuk pada era atau abad modern atau dan kontemporer. Periode ini menjadi tolak ukur bagi pertumbuhan dan perkembangan Islam serta sebagai usaha untuk melestarikan nilai-nilai yang terkandung dalam ajaran-ajaran Islam baik dalm segi kebudayaan maupun peradabannya. Perkembangan itu banyak dipengaruhi oleh munculnya cendikiawan muslim yang mampu menelaah dan mengkaji syari’at Islam serta mampu menyebarkan kepada masyarakat luas dengan kemasan yang sangat baik sehingga mudah diterimanya.

    Maka kajian dalam buku ini dimulai membahas tentang sejarah peradaban bangsa Arab pra-Islam yang pada awalnya masih rendah kemudian Rasulullah berhasil mengangkat mereka menjadi masyarakat yang berperadaban tinggi berakhlak mulia dalam rentang waktu yang relatif singkat dilanjutkan dengan usaha khulafa’ al-Rasyidin memperluas wilayah Islam ke fron utara, barat dan timur teristimewa keberhasilan Umar ibn Khattab menghancurkan kerajaan adikuasa Persia di Timur digantikan dengan negara Islam menjadi salah satu negara adikuasa di masa itu bersama dengan kerajaan Romawi di Barat.

    Juga dalam buku ini mengkaji perkembangan Islam sampai ke Mesir, Maroko terus menyeberang ke Eropa Barat Spanyol dan umat Islam di bawah pemerintahan Daulah Umayyah berhasil membangun peradaban Islam yang bernilai tinggi di Spanyol, juga perkembangan peradaban Islam mencapai puncaknya di tangan Daulah Abbasiyah di Baghdad. Demikian juga Daulah Fatimiyah ikut berlomba dalam mengembangkan peradan Islam dengan mendirikan Universitas Al-Azhar di Mesir. Di kemudian hari Turki Usmani berhasil pula merebut Konstantinopel ibu kota kerajaan Romawi oleh Sultan Muhammad Al-Fatih dan memindahkan ibu kota Turki Usmani ke situ dan mengganti namanya dengan Istanbul.
    (sheilamytawahyudi)

    ReplyDelete
  20. Sejarah berasal dari bahasa Arab dari kata “Syajarotun” artinya pohon. Kalau kita telaah secara sistematis memang sejarah hampir sama dengan pohon yakni mempunyai cabang dan ranting, bermula dari sebuah bibit, kemudian tumbuh dan berkembang, lalu layu dan tumbang. Seirama dengan kata sejarah adalah kata silisilah, kisah, hikayat yang berasal dari bahasa Arab.

    Dalam dunia barat sejarah disebut Histoire (Prancis), Historie (Belanda), dan History (Inggris). Dalam bahasa Yunani berasal dari dua kata yaitu istoria yang berarti ilmu. Menurut Aristoteles Istoria diartikan sebagai kajian sistematik mengenai seperangkat gejala alam, yang dituturkan secara kronologis maupun tidak kronologis. Penegrtian ini masih digunakan dalam bahasa Inggris yang disebut Natural History. Kata istoria biasanya diperuntukkan bagi kajian mengenai gejala-gejala hal ihwal manusia alam urutan kronologis.
    1.Menurut Ibnu Khaldun.
    Sejarah adalah catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia, tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak-watak masyarakat itu, seperti keliaran, keramahtamahan dan solidaritet golongan, tentang revolusi-revolusi dan pemberontakan-pemberontakan oleh segolongan rakyat melawan golongan yang lain dengan akibat timbulnya kerajaan-kerajaan dan negara-negara, dengan tingkat bermacam-macam, tentang bermacam-macam kegiatan dan kedudukan orang, baik untuk mencapai penghidupannya, maupun dalam bermacam-macam cabang ilmu pengetahuan dan pertukangan, dan pada umumnya tentang segala perubahan yang terjadi ke dalam masyarakat karena watak masyarakat itu sendiri.
    Persoalan sejarah sebagai peristiwa dan sejarah sebagai kisah
    Sejarah sebagai peristiwa adalah peristiwa yang benar-benar terjadi, seperti turunnya wahyu kepada Nabi Muhammad SAW., hijrah nabi, proklamasi kemerdekaan RI, dll.

    Sejarah sebagai kisah adalah hasil rekonstruksi para sejarawan, biasanya diterbitkan dalam sebuah buku. Penulis buku sejarah tersebut biasanya berbeda-beda penafsiran meskipun dalam bahasan masalah yang sama.
    INDAH LESTARI

    ReplyDelete
  21. Manusia pada dasarnya tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya sejarah. Ketika seseorang lahir, maka proses kehidupan yang ia jalani merupakan sejarah baginya.

    Mendengar kata sejarah mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Jika berbicara sejarah, yang pertama kali terlintas dalam pikiran biasanya mengenai tanggal-tahun, tokoh, dan tempat kejadian. Hal itu wajar terjadi karena sejak dulu kita sudah dicecoki oleh penyampaian yang deskriftif. Padahal, persepsi mengenai sejarah seperti itu merupakan pengertian atas sejarah yang konvensional (kolot). Mahasiswa sejarah pada semester awal kuliah biasanya diberikan pengertian sejarah yang sangat dasar yang diungkapkan oleh Prof. Sartono Kartodirdjo, dimana sejarah mempunyai dua pengertian yaitu sejarah sebagai kisah (Subjektif) dan sebagai peristiwa (objektif). Sejarah sebagai peristiwa menunjuk pada kejadian atau peristiwa itu sendiri, yaitu proses sejarah dalam aktualitasnya. Kejadiannya itu hanya sekali terjadi dan tak mungkin berulang kembali secara utuh. Sedangkan pengertian sejarah sebagai kisah merupakan suatu konstruk yang dibangun / disusun sejarawan (penulis) sebagai uraian / cerita, dimana merupakan suatu kesatuan yang mencakup fakta-fakta untuk menggambarkan gejala sejarah, baik proses maupun strukturnya (Kartodirdjo, 1993).

    Menurut H. A.R. Gibb. Bahwa sejarah peradaban islam sesungguhnya lebih dari sekedar agama, ia adalah peradaban yang sempurna. Karena yang jadi pokok kekuatan dan sebab timbulnya kebudayaan adalah agama Islam, kebudayaan yang di timbulkannya dinamakan kebudayaan atau peradaban islam. Jadi, sejarah peradaban islam adalah kebudayaan islam terutama pada wujud idealnya. Sementara itu, landasan kebudayaan islam adalah agama islam. Sehingga, dalam islam tidak seperti pada masyarakat yang menganut agama-agama bumi. Agama bukanlah kebudayaan tetapi dapat melahirkan kebudayaan. Jika kebudayaan merupakan hasil cipta, rasa dan karya manusia. Maka agama islam adalah wahyu dari Allah S.W.T.

    Manfaat dari mempelajari peradaban islam, yakni sejarah memiliki nilai dan arti penting yang bermanfaat bagi kehidupan umat manusia. Hal tersebut dikarenakan sejarah menyimpan atau mengandung kekuatan yang dapat menimbulkan dinamisme dan melahirkan nilai-nilai baru bagi perkembangan kehidupan manusia. Serta dengan mengkaji sejarah peradaban islam, kita dapat memperoleh informasi tentang aktifitas peradaban Islam dari zaman Rasulullah sampai sekarang, contohnya mulai dari pertumbuhan, perkembangan, kemajuan, kemunduran serta kebangkitan kembali agama Islam.

    Dea Anggiarista

    ReplyDelete
  22. Sejarah,banyak yang berpendapat tentang asal dari kata sajarotun yang berarti pohon yang memiliki batang,ranting,akar,bunga dan buah Yang memerlukan perawatan agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik,dimana jika dikaitkan dengan sejarah sejarah islam,sejarah islam harus dijaga,dipelihara,dan dijadikan sebagai budaya dalam kehidupan agar bisa dilestarikan dengan baik.Sejarah telah membuktikan bagaimana kemajuan atau kegemilangan dan kemunduran islam.

    Jika berbicara kapan dimulai sejarah islam,ada yang mengatakan,dimulai ketika rasul mendapat wahyu,namun yang pasti sejarah islam dimulai ketika rasulullah terlahir kedunia ini.Dari mulai dakwah rasulullah,hijrahnya rasulullah,rasulullah menjadi pemimpin islam,hingga berakhirnya masa kepemimpinan islam pada masa turki utsmani,kegemilangannya serta kemunduran pada masanya menjadi sejarah bagi kita kaum muslim.

    Oleh karena itu sebagai muslim yang tahu akan sejarah islam hendaknya kita tahu akan sejarah islam hendaknya kita belajar dari sejarah bagaimana masa kejayaan islam dahulu belajar dari sejarah kemunduran kaum muslim,bagaimana penyebabnya bisa mundur itulah perlunya belajar sejarah agar kita bisa melihat pertimbanagan-pertimbangan pada masa kini agar bisa mengambil pertimbanagan dari lingkaran sejarah islam.

    ReplyDelete
  23. Sejarah,banyak yang berpendapat tentang asal dari kata sajarotun yang berarti pohon yang memiliki batang,ranting,akar,bunga dan buah Yang memerlukan perawatan agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik,dimana jika dikaitkan dengan sejarah sejarah islam,sejarah islam harus dijaga,dipelihara,dan dijadikan sebagai budaya dalam kehidupan agar bisa dilestarikan dengan baik.Sejarah telah membuktikan bagaimana kemajuan atau kegemilangan dan kemunduran islam.

    Jika berbicara kapan dimulai sejarah islam,ada yang mengatakan,dimulai ketika rasul mendapat wahyu,namun yang pasti sejarah islam dimulai ketika rasulullah terlahir kedunia ini.Dari mulai dakwah rasulullah,hijrahnya rasulullah,rasulullah menjadi pemimpin islam,hingga berakhirnya masa kepemimpinan islam pada masa turki utsmani,kegemilangannya serta kemunduran pada masanya menjadi sejarah bagi kita kaum muslim.

    Oleh karena itu sebagai muslim yang tahu akan sejarah islam hendaknya kita tahu akan sejarah islam hendaknya kita belajar dari sejarah bagaimana masa kejayaan islam dahulu belajar dari sejarah kemunduran kaum muslim,bagaimana penyebabnya bisa mundur itulah perlunya belajar sejarah agar kita bisa melihat pertimbanagan-pertimbangan pada masa kini agar bisa mengambil pertimbanagan dari lingkaran sejarah islam.

    ReplyDelete
  24. Sejarah peradaban islam, islam di turunkan ke bumi dan di sampaikan kepada nabi muhammad SAW sebagai rahmatan lil`alamin mengantarkan manusia dari zaman jahliyah menuju zaman yang terarah.
    Kata sejarah adalah berasal dari bahasa arab yaitu ุดุฌุฑุฉ yang artinya adalah pohon.
    Sejarah itu ialah Kejadian atau suatu peristiwa yang terjadi di masa lampau yang bisa kita ambil pelajaran ke depannya.
    Sejarah peradaban islam itu berawal pada masa nabi muhammad SAW mendapatakan wahyu yaitu sewaktu na ber umur 40 tahun. Ada juga yang berpendapat waktu nabi hijrah ke madinah.
    Sejarah peradaban islam kita jadikan sebagai pandangan kegidupan yang bisa menguatkan iman kita menambahkan ketaqwaan kepada allah.
    (indrianiharahap@gmail.com)
    (INDRIANI HARAHAP)

    ReplyDelete
  25. Sejarah berasal dari Bahasa Arab yaitu Syajaratun yang artinya pohon. Pada umumnya sejarah dikenal sebagai informasi mengenai kejadian yang sudah lampau. Sejarah memiliki dua dimensi yaitu demensi ruang dan dimension waktu. Konsep waktu dalam sejarah meliputi waktu atau tempo yaitu proses. Kelangsungan suatu peristiwa dan waktu merupakan kesatuan dari kelangsungan tiga dimension yaitu masa lalu, sekarang dan masa yang akan datang. Ada karakteristik didalam sejarah yaitu "unik" artinya peristiwa sejarah hanya terjadia sekali dan tidak mungkin terulang peristiwa yang sama untuk kedua kalinya.
    Sejarah beradaban islam memiliki tiga pengertian yang berbeda. Pertma kemajuan dan tingkat kecerdasan akal yang di hasilkan dalam suatu priode kekuasaan islam mulai dari pride Nabil Muhammad saw sampai perkembangan kekuasaan sekarang. Kedua hail hail yang di capai oleh umat islam dalam lapangan kesastraan, ilmu pengetahuan dan kesenian. ketiga kemajuan politik atau kekuasaan islam yang berperan melindungi pandabgan Hidup islam.

    Fitriani

    ReplyDelete
  26. Menurut
    - Muhammad Yamin sejarah adalah pengetahuan atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang nyata dapat di buktikan
    - menurut Nugroho notosusanto sejarah adalah peristiwa yang menyangkut manusia sebagai makhluk bermasyarakat di masa lalu
    - jadi dapat saya simpulkan sejarah adalah pengetahuan yang di susun atas hasil penyelidikan yang nyata dapat di buktikan serta peristiwa yang menyangkut mahkluk bermasyarakat di masa lalu.

    ReplyDelete
  27. sejarah berasal dari kata syajaratun yang berarti pohon.. kenapa pohon? karena semua hal yang berkaitan dengan sejarah berada pada seluruh bagian dari pohon.. pohon memiliki akar,batang,daun dan sebagainya.. jika kita ibaratkan sejarah adalah akar, maka jika akar itu tidak dirawat atau tidak disirami air maka pohon itu tidak akan hidup.. dan daun akan berguguran dan batangnya pun akan kering. begitu juga sejarah. jika tidak kita rawat sejarah itu maka lama kelamaan sejarah akan menghilang dengan sendirinya atau dilupakan. seperti yang kita tahu sejarah itu penting untuk menuntun kita menjadi lebih baik di masa depan. karna jika ada kesalahan atau hal buruk yang terjadi di masa lalu maka kita memperbaikinya di masa depan.

    Menurut IbnU Khaldun, sejarah ialah menunjuk kepada peristiwa-peristiwa istimewa atau penting pada waktu atau ras tertentu. Sedangkan menurut Al-Maqrizi, sejarah ialah memberikan informasi tentang sesuatu yang pernah terjadi di dunia. saya lebih setuju menurut Al-Maqrizi karena sejarah harus menyampaikan segala informasi tentang sesuatu yang pernah terjadi di dunia. tidak hanya peristiwa penting saja, namun kita harus mengetahui sejarah secara keseluruhan. jika kita hanya mengetahui peristiwa penting saja namun ada peristiwa yang tidak begitu penting namun berhubungan dengan peristiwa penting tersebut maka akan terjadi kesalah pahaman dalam sejarah atau kita seolah olah tidak tahu peristiwa yang sebenarnya terjadi. maka kita harus mengetahui keseluruhan dari sejarah tersebut.

    kebudayaan menurut saya adalah kebiasaan yang dilakukan secara terus menerus sehinnga menjadi budaya. kebiasaan tersebut adalah kebiasaan yang dilakukan oleh sebuah peradaban. dimana peradaban adalah tempat berkumpulnya suatu kelompok atau kaum dalam skala besar.

    tentang titik nol sejarah peradaban islam atau awal mulanya sejarah peradaban islam menurut saya dimulai saat Rasulullah SAW hijrah dari mekkah ke madinah. kenapa? karena pada saat Rasulullah hijrah rasul tidak hanya menyampaikan ajaran tentang islam. namun Rasul juga membuat sebuah peradaban. dan dengan rasul hijrah dari mekkah ke madinah peradaban islam semakin berkembang secara perlahan karena banyaknya yang mengikuti Rasulullah SAW. dan setelah wafat nya Rasul ajaran tersebut terus berjalan di masa sahabat sampai masa kerajaan islam dan sampai saat ini.

    (Raihan Renata Batubara)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Excellent๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘จ‍๐ŸŽ“๐Ÿ‘จ‍๐ŸŽ“๐Ÿ‘จ‍๐ŸŽ“

      Delete
  28. Menurut
    -kuntowijoyo sejarah adalah sebuah hal yang menyungguhkan fakta diaktoris, idiografis,unik dan emfiris.
    -menurut Aristoteles sejarah adalah suatu sistem yang meneliti sebuah kejadian sejak awal tersusun dalam bentuk kronologi.
    - dari pendapat tersebut saya lebih cocok pendapat kuntowijoyo yang berpendapat sejarah adalah sesuatu yang menyungguh kan fakta.

    ReplyDelete
  29. Secara Bahasa Sejarah berasal dari bahasa Yunani: แผฑฯƒฯ„ฮฟฯฮฏฮฑ, historia artinya "mengusut, pengetahuan yang diperoleh melalui penelitian.sedangkan secara bahasa Arab: ุชุงุฑูŠุฎ, tฤrฤซkh dan bahasa Jerman: geschichte adalah kajian tentang masa lampau, khususnya bagaimana kaitannya dengan manusia.


    Menurut Ma'ruf Misbah dkk, perkembangan peradaban Islam yang dilandasi dengan semangat persatuan Islam telah ditanamkan Rasulullah SAW sejak awal perkembangan Islam di Timur Tengah. Kemudian, dalam praktiknya, seiring dengan makin luasnya wilayah kekuasaan Islam, gesekan atau kebudayaan masyarakat setempat memengaruhi umat Islam untuk mengadopsi dan mewarnai peradaban lokal yang disesuaikan dengan ajaran Islam.

    Peradaban memiliki ciri ciri atau karakteristik yg berfungsi dalam memperjelas peradaban dan juga berfungsi dalam membedakan peradaban dan kebudayaan dimna kita tahu bahwa banyk dari kita yg menganggap bahwa peradaban dan kebudayaan sama, padahal peradaban dan kebudayaan tersebut sangatlah berbeda.
    Maka dari itu, ciri ciri peradaban sangat membantu dalam membedakan antara peradaban dan kebudayaan.
    Ciri-ciri umum peradaban adalah sbgai berikut:
    1. Pembangunan kota kota baru dgn tata ruang yg baik, indah, dan modern.
    2. Sistem pemerintahan yg tertib krn terdapat hukum dan peraturan.
    3. Berkembangnya beragam ilmu pengetahuan dan teknologi.
    4. Masyarakat dalm berbagai jenis pekerjaan, keahlian, dan strata sosial yg lebih kompleks.

    Sehingga dapat disimpulkan bahwa peradaban islam itu berkembang oleh adanya beberapa faktor, yaitu:
    1.semakin luasnya wilayah kekuasaan islam pada saat itu.
    2.gesekan atau kebudayaan masyarakat setempat yg dipengaruhi dan diadopsi yg disesuai dengan ajaran islam
    3.semakin berkembangnya berbagai ilmu pengetahuan di saat itu.

    (Yogi Afriansyah)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ๐Ÿ‘‰Excellent๐Ÿ‘จ‍๐Ÿซ๐Ÿ‘จ‍๐Ÿซ

      Delete
  30. Menurut Sayyid Qutb, "Sejarah bukanlah peristiwa-peristiwa, melainkan tafsiran peristiwa-peristiwaitu, dan pengertian mengenai hubungan-hubungan nyata dan tidak nyata, yang menjalin seluruh bagian serta memberinya dinamisme waktu dan tempat."

    "Sejarah pasti akan berulang dan akan kembali menampakkan wajahnya dalam bentuk yang berbeda, dalam kisah, sosok dan cerita dan setting yang berbeda, namun masih dengan esensi dan pembelajaran yang sama. Karena memang itulah salah satu mengapa sejarah itu ada, sebagai wahana pembelajaran.". Tutur mantan Presiden PKS itu, Muh. Anis Matta, Lc.

    Saya pribadi sependapat dengan Anis Matta. Memang sejarah adalah peristiwa dimasa lalu, namun esensi dari peristiwa yang terjadi dimasa lalu itu dapat terjadi dimasa sekarang. artinya sejarah dapat terulang kembali.

    Islam berjaya kurang lebih selama 600 tahun. Faktor kejayaannya yang paling berpengaruh adalah mereka mengikuti ajaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW, yaitu mengikuti ajaran al-Qur'an dan as-Sunnah. Mengetahui hal itu, musuh-musuh terus mencoba menjauhkan umat Islam dari mengikuti ajaran al-Qur'an dan as-Sunnah. Hal itu dilakukan agar tidak terulangnya kembali sejarah itu

    Namun, syukurlah karena saya diberi kesempatan untuk mempelajari hal-hal ini. Semoga Islam kembali berjaya sebagaimana kejayaannya dimasa lalu

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Saya setuju dengan pendapat roeslan abdulgani dia mengibaratkan sejarah itu bagaikan penglihatan 3 dimensi pertama penglihatan di masa lalu. Kedua penglihatan masa sekarang dan ketiga penglihatan masa depan. Sama halnya dalam fungsi sejarah dalam kehidupan dimana sejarah sangat berperan penting sebagai metode pembelajaraan utk kedepannya karena dengam menelitiasa lalu kita dapat memprogres kesalahan kesalahan masa lalu sehingga dapat mempersiapkan diri utk masa sekarang dan masa depan

    Dalam sejarah peradaban islam ada yg bilang islam itu baru muncul saat nabi diangkat jadi rosul dan ada lagi bilang saat nabi hijrah ke madinah menurut saya sendiri saya akan memberikan pertanyaan lg islam bagaimanakah yg dipertanyakan tersebut islam yg instansi kah(grup/agama/kelompoklah) atau kah islam yg substansi (makna/nilai) soalnya jika yg ditanyakan islam yg substansi maka saya akan menjawab bahwa islam sudah ada sejak bumi ini diciptakan cthnya nilai dalam islam adalah tunduk dan patuh seperti matahari. Kan matahari selalu terbit dari timur ke barat pernah kah matahari terbit sebaliknya? Ini menunjukkan bahwa nilai islam itu sudah ada sejak matahari diciptakan yaitu nilai tunduk dan patuh dan masih bnyk nilai nilai yg blom kita ketahui

    Yg kedua jika yg ditanya adalah islam yg instansinya memang betul islam itu muncul saat nabi menjadi rosul tapi akan muncul berbagai polemik permasalahan lain seperti pertanyaan seperti ini
    1.jika islam muncul saat nabi muhammad jadi nabi apakah org sebelum nabi muhammad itu kafir (karna islam blom muncul)
    2. Lalu apakah nabi muhammad merupakan anak haram dan seorang anak yg kafir ? (Karena islam belum masuk saat org tua nabi muhammad melahirkannya)
    Dan masih banyak masalah masalah lainnya sehingga saya lebih menyukai sejarah islam yg substansinya.

    Bobby akbar fathari

    ReplyDelete

Post a Comment